Islamic Widget

Thursday, November 11, 2010

Computer Assisted Audit Technique Tools (CAATT) session 6

makalah ini disusun oleh :

Silfi Sulfiyah, Nariya K. Ayu, Yohana Nofiyanti, Yolanda, dan Arya Adi Seto.

makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas Pemeriksaan Akuntansi Lanjut 4EB01


BAB 3

PENUTUP

I. Kesimpulan

Audit berbantuan computer (Computer Assisted Audit Technique Tools (CAATT)) untuk melakukan berbagai pengujian pengendalian aplikasi serta ekstraksi data. Diawali dengan pengendalian aplikasi yang didalamnya mencakup pengendalian input, pengendalian proses, dan pengendalian output. Pengendalian input menentukan kumpulan dan masukan data ke dalam sistem serta memastikan bahwa semua data valid, akurat, dan lengkap. Pengendalian proses mencoba memelihara integritas dari record individu dan record pada batch dalam sistem dan harus memastikan cukupnya bukti audit. Sedangkan pengendalian output adalah untuk memastikan bahwa semua informasi yang dihasilkan tidak hilang,tidak teratur, dan terjaga kerahasiaannya.

Untuk melakukan pengujian pengendalian aplikasi maka memakai dua pendekatan yaitu black-box approach dan white-box approach. Black-box approach melakukan audit sekeliling computer sedangkan white-box approach memerlukan pemahaman yang mendalam dari logika aplikasi.

Sedangkan untuk melakukan pengujian aplikasi maka ada lima tipe yang biasa digunakan yaitu the test data method, base case system evaluation, tracing, integrated test facility, dan parallel simulation.

Dari bahasan-bahasan tersebut penulis menyimpulkan CAATTs memberikan kemudahan pada proses audit. Untuk database yang berisikan ribuan transaksi, yang tidak mungkin dilakukan dengan cara manual, maka CAATTs sangat membantu untuk memfokuskan audit. CAATTs mampu memeriksa 100% seluruh transaksi dalam sebuah database dan mampu memberikan informasi untuk analisis data dan melihat profil data. Selain itu proses audit menjadi lebih cepat.

Tetapi dalam hal ini CAATTs juga memiliki kekurangan diantaranya memerlukan waktu yang lama untuk mempelajari teknik ini dan juga diperlukan biaya yang besar untuk pelatihan para staf untuk menggunakan software tersebut, karena untuk menjadi mahir, software-software ini menuntut pengembangan dan pemeliharaan keahlian secara kontinyu.

II. Saran

Perkembangan zaman semakin hari semakin pesat, hal ini berpengaruh juga dengan dunia auditing. Seorang auditor sudah sebaiknya memiliki kemampuan dalam hal audit berbantuan computer ( CAATTs). CAATTs akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas auditor dalam melaksanakan audit dengan memanfaatkan segala kemampuan yang dimiliki oleh komputer. Untuk mengkombinasikan pemahaman mengenai pentingnya keahlian audit dengan pengetahuan sistem informasi berbasis komputer akan menghasilkan peningkatan yang sangat signifikan dalam proses audit sistem informasi.

Pada saat melakukan CAATTs seorang auditor harus benar-benar memahami dan memiliki pengetahuan mendalam pada setiap tahapan proses CAATTs. Hal ini penting karena agar tidak terjadi kesalahan pada proses audit dan dapat mendeteksi kecurangan-kecurangan yang berpotensi terjadi atau bahkan sudah terjadi.

Daftar Pustaka

THE CHARTERED ACCOUNTANT. “ Guidance Note On Computer Assisted Audit Techniques (CAATs)”. JANUARY 2004

www.theakuntan.com

www.akuntan.org

1 komentar:

Anonymous said...

MEGA DRIVE GAME (BRIEF) SOUND TECHNOLOGY
This is a video game developed and jeetwin published 바카라사이트 by Studio starvegad SEGA with the following license: Arcade, Sega Genesis (1992)

Post a Comment