Islamic Widget

Tuesday, February 16, 2010

KELAYAKAN WEBTRUST SEBAGAI PENJAMIN E-COMMERCE TERPECAYA (bab 2 season 1)

Bab 2
PEMBAHASAN


2.1 Definisi Electronic Commerce
2.1.1 Secara Umum :
e-Commerce merupakan suatu istilah yang mulai banyak digunakan belakangan ini, suatu contoh kata yang sering digunakan, kata yang berhubungan dengan internet dimana tidak seorangpun mengetahui dengan pasti definisi tersebut.

2.1.2 Menurut website atau para ahli dituangkan dalam website tersebut:
1. whatis.com
e-commerce yaitu berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui intemet, khususnya World wide web.

2. Robert E- Johnson, III (http://www.cimcor.com)
e-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.

3. Website ECARM (The Society for Electronic Commerce and Right Management)
e-commerce secara umum menunjukkan seluruh bentuk transaksi yang berhubungan dengan aktifitas-aktifitas perdagangan, termasuk organisasi dan perorangan yang berdasarkan pada pemrosesan dan tranmisi data termasuk teks, suara, dan gambar-gambar visual.

4. Website Planetweb E-commerce Solution
e-commerce memiliki arti bahwa sebuah web site dapat menjadi sebuah modal bagi perusahaan, dimana website tersebut dapat menghasilkan uang dan dapat menggambarkan perusahaan anda di internet pada saat yang bersamaan.

5. Website E-commerce Net
e-commerce adalah menjual barang dagangan dan atau jasa melalui internet. Seluruh pelaku yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, kebijakan-kebijakan pengembalian barang dan uang, periklanan, dll.

6. Gary Cuolter dan John Buddemeir (E-commerce Outline)
e-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet. Beberapa perusahaan memilih untuk menggunakan kegiatan bisnis ini sebagai tambahan metode bisnis tradisional, sementara yang lainnya menggunakan internet secara eksklusif untuk mendapatkan para pelanggan yang berpotensi.

7. Donna Perry
e-commerce sangat sederhana yaitu kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, fax, telepon, dll. Menurutnya untuk menjual produk dan atau jasa di internet, sebuah perusahaan membutuhkan :
 Komputer
 Merchant account.
 Website


2.2 Kelebihan Electronic Commerce

1. Otomatisasi, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual. ("enerprise resource planning" concept)
2. Integrasi, proses yang terintegrasi yang akan menikatkan efisiensi dan efektivitas proses. (just in time" concept)
3. Publikasi, memberikan jasa promosi dan komunikcisi atas produk dan jasa yang dipasarkan. ("electronic cataloging"concept)
4. Interaksi, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan "human error’ ("electronic data interctiangel / EDI"concept)
5. Transaksi, kesepakatan antara 2 pihak untuk meiiikukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang meneingani pembayaran. ("electronic payment" concept)


2.3 Keuntungan E-Commerce

• Bagi Konsumen yaitu harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat
• Bagi Pengelola bisnis yaitu efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
• Bagi Manajemen yaitu peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.




2.4 Ruang Lingkup E-Commerce

ELECTRONIC BUSINESS, merupakan lingkup aktivitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas.
ELECTRONIC COMMERCE, merupakan lingkup perdagangan yang diiakukan secara elektronik, dimana di dalamnya termasuk:

• Perdagangan via Internet tlntemet Commerce)
• Perdagangan dengan fasiiitas Web Internet (Web-Commerce)
• Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik (Electronic Data Interchange / EDI).


2.5 Jenis – Jenis E-Commerce

2.5.1 Business To Costumer (B2C),
Kelompok ini disebut juga transaksi pasar. Pada transaksi pasar, konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi elektronik, membelinya dengan electronik cash dan sistem secure payment, kemudian meminta agar barang dikirimkan. Secara ringkas jenis e-commerce ini merupakan e-commerce yang melibatkan konsumen dengan merchant-nya secara langsung.
Keterangan
• User Card Holder. Orang yang ingin melakukan pembelian secara on-line
• Merchant, Perusahaan yang menjual produknya secara on-line
• Acquirer, Institusi keuangan yang digunakan oleh merchant biasanya bank
• Issuer , Perusahaan kartu kredit yang menerbitkan kartu kredit para user.
• Certification Authority, Pihak ketiga yang netral yang menerbitkan sertifikat kepada merchant, issuer dan dalam kasus tertentu kepada pemegang kartu kredit.

2.5.2 Business To Business (B2B)
Kelompok ini disebut sebagai transaksi antar perusahaan. Perusahaan, pemerintah,dan organisasi lainnya bergantung pada komunikasi antar komputer sebagai sarana bisnis yang cepat, ekonomis, dan dapat diandalkan. Perusahaan kecil saat ini sudah mulai tertarik dengan keuntungan yang diperoleh menggunakan B2B ini. Transaksi pada B2B menggunakan EDI dan E-Mail untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi. 'Selain itu juga digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.



Ini adalah paper group 3eb01 A - yang merupakan paper
Syarat Final Beauty Contest UG Economy Competition 2009
disusun oleh : Naria Kusmaning Ayu, Silfi Sulfiyah, dan Vincensius mite

0 komentar:

Post a Comment